Walikota Samarinda Minta Pengurus NU Samarinda Konsisten Jaga NKRI

Walikota Samarinda H Andi harun melepas kirap Nusantara yang digelar NU Samarinda/fhoto Roghib

Samarinda, muikaltim,or,id_-Kegiatan harlah NU satu Abad  menjadi momentum  spiritual bagi bangsa, kemudian  adanya  kirab dengan bendera 1100 meter dan pelibatan kegiatan yang melibatkan berbagai golongan,  suku dan lintas agama ini membuktikan NU merangkul semua masyarakat , tidak memandang sebuah kesukuan dan organisasi , NU selalu  menjaga kerukunan dan keharmonisan dan konduktivitas. “Untuk itu saya berharap semua jajaran pengurus NU  bisa  terus konsisten  untuk menjalankan visi misi NU, menjaga kerukunan, Menjaga NKRI dan konduktivitas  bangsa,” Demikian sambutan Walikota Samarinda H Andi Harun pada  acara  Pembukaan  Peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU)  dan pelepasan Kirap Nusantara yang digelar di Stadion Segiri Jalan Kusuma Bangsa Samarinda, Sabtu  21 Januari 2023

Pada gelaran Kirab Nusantara oleh PCNU Samarinda hadir  Walikota Samarinda H Andi Harun, Ketua DPRD Samarinda Sugiono, Ketua TWAP Safaruddin , Ketua PBNU Kaltim, Ketua DPD Muhammadiyah, FKUB Samarinda,  Kader NU seluruh kecamatan se-Samarinda, Banser, Ansor. Fatayat  NU  hingga masyarakat umum.

Lanjut  Walikota Samarinda, melihat dari sejarah Nahdlatul Ulama (NU),  sebuah organisasi terbesar di Indonesia, sejak lahir kontribusinya sangat besar dari waktu ke waktu, NU yang didirikan oleh para ulama itu menekankan pentingnya menjaga dan menghormati kekayaan nusantara.

Bendera NU sepanjang 1100 m/fhoto m roghib

Andi Harun menegaskan NU  sebagai perisai,   penjaga Indonesia, penjaga  pancasila NKRI, ditengah latar belakang, mengembangkn tradisi keberagaman, menjaga keumatan , kemanusian, dan ini didasari  atas pendidikan toleransi di pesantren.

“Menjaga keindonesiaan dengan mengembangkan Indonesia yang inklusif, salah satu dimensi pendidikan inklusif  adalah menjadikan Indonesia dipastikan terus mengembangkan pembangunan  yang mengadaptasi perubahan iklam dan selalu berpihak pada lingkungan,”ujar ketua Gerindra Kaltim ini.

Pada Peringatan satu abad NU di Samarinda yang digelar PCNU Samarinda ini Pemkot Samarinda menggelontorkan dana cukup besar Rp 200 Juta, bantuan itu diberikan  karena melihat kegiatan harlah ini dilakukan dengan berbagai kegiatan , heroik dan melibatkan berbagai elemen masyarakat sehingga sangat diperlukan dana yang cukup besar.

Ketua PCNU Samarinda HM  Asy,ari Hasan  mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasi semua pihak , termasuk Walikota Samarinda sehingga kegiatan pembukaan dan diharapkan hingga penutupan berjalan lancar dan sukses.

Asy,ari Hasan sengaja menggelar Harlan NU satu abad  bersamaan dengan HUT  Samarinda ke 355 dan HUT Kota Samarinda ke 63 tahun dengan tujuan agar Harlah NU satu abad ini nyata kalau NU berkhidmat untuk masyarakat, agama, bangsa dan Negara .

Selanjutnya  Kirab Nusantara  yang  melibatkan seluruh komponen masyarakat Samarinda diantaranya Ormas Keagamaan dan Paguyuban-paguyuban  ini  membuktikan Bahwa Nahdlatul Ulama (NU)  ada dimana mana dan tidak kemana mana “ Pada kirab Nusantara Ini Juga Membentangkan Bendera NU sepanjang 1100 meter yang mana angka 1000 m bermakna NU menuju milenium dan angka 100 m menandakan 1 abad Nahdlatul Ulama. “tambahnya

Anggota Banser Samarinda mendapatkan hadiah umroh pada acara kirap nusantara di samarinda/fhoto roghib

Sementara itu Ketua Panitia Harlah satu abad di samarinda Wasiran melaporkan , pihaknya menggelar berbagai acara  seperti   Kirab Nusantara, dengan Konsep membentangkan bendera Kebanggaan Nahdlatul Ulama sepanjang 1100 meter ,  digelar pada Hari Sabtu, 21 Januari 2023, pukul 07.30 WITA – Selesai di Halaman GOR Segiri.

Dilakukan   Penanaman 6.000 pohon yang digelar pada .Ahad, 22 Januari 2023, pukul 07.30 WITA – selesai di Jln Samarinda – Bontang KM 42..  Ketiga  diadakan r  Ruqyah Aswaja, pada Ahad, 22 Januari 2023, pukul 7.30 WITA – selesai di Masjid Sofiatul Amin (Komplek GOR Segiri).

Keempat  PD-PKPNU Tanggal 27 – 29 Januari 2023 pukul 07.30 WITA – Selesai di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda.“Kemudian acara terakhir atau ke lima, yaitu u puncak  akan  digelar  Istighotsah Kubro Bersama 9 Kyai untuk Keselamatan Bangsa.  Pada Selasa, 31 Januari 2023, pukul 20.00 WITA – selesai. Bertempat di Halaman GOR Segiri Samarinda.,”. jelas Wasiran

Pewarta : M Roghib

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *