Wagub Hadi Mulyadi Minta MUI Merangkul Semua Golongan

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi Foto bersama ketua MUI dan Dewan Pertimbangan MUI Kaltim di Runjab Wakil Gubernur.

Samarinda, www MUIkaltim,or,id- Dewan Pertimbangan dan Pengurus Harian MUI Provinsi Kalimantan Timur bersilaturahmi dengan Wakil Gubernur kaltim H Hadi Mulyadi , di Rumah Jabatan Wagub Kaltim, Jalan Milono I, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota,  Rabo ,5 Oktoner 2021.   Adapun  Tujuan dari silaturahmi adalah memperkenalkan nama nama  Dewan   Pertimbangan MUI Prov kaltim yang berjumlah  23 orang, rencana kegiataan Dewan Pertimbangan.

Hadir dalam silaturahmi adalah ,Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prov kaltim KH Hamri Has  ,  Ketua MUI Kaltim KH Muhamad Rasyid, Sekertaris Umum MUI Prov Kaltim H Samudi . Dari  Anggota  Dewan Pertimbagan MUI Prov yang hadir diantaranya. Drs H Faried Wadjedy, HM Fauzi A Bahtiar, Drs H Asmuni Ali, Prof DR.HMasjaya (Rektor Universitas Mluawarman), Drs H Sayid Safran, H Albadiynsyah, Prof Dr HJj Zaenab Hanim,M.pd.

Dihadapan Wagub Sekertaris MUI Kaltim H Samudi membacakan nama nama dewan pertimbangan MUI Kaltim.

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi menyambut baik silaturahmi para ulama dan tokoh agama di kaltim . Wagub Kaltim mengharapkan  Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus bisa menjadi pengayom , merangkul dan menjadi payung bagi aliran aliran dan golongan islam.

 “MUI harus mampu menjadi payung besar bagi umat Islam, tidak menonjol kepada kelompok-kelompok tertentu , sehingga MUI bisa menjadi penengah dan pengayom bagi semua umat Islam dari kelompok manapun yang ada khususnya di Kaltim, yang penting kelompok itu tidak dilarang Pemerintah, ” ujar Hadi Mulyadi.

Lanjut Wagub kaltim itu ,  MUI  adalah  mitra dalam upaya membangun bersama Kalimantan Timur. Ketika semua bersama bahu membahu bergandengan tangan,  kemajuan  akan mudah diwujudkan.  

Sarapan bersama Wagub kaltim dan Ketua MUI kaltim (no 2 dan 3)

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Provinsi kaltim KH Hamri Has, mengapresiasi Pemprov Kaltim , khususnya Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi yang selama ini sangat peduli terhadap ulama, termasuk MUI, dan diharapkan kerjasama ini kedepan terus meningkat.

“Alhamdulillah selama ini kerjasama MUI dan Pemprov Kaltim sangat baik, berbagai kegiatan pak Wakil Gubernur selalu membantu kagiatan kami, disamping juga peran para pengusaha, seperti pak Yos soetomo, pak Ambodale, pak H Syarkawi. Semoga kedepan kerjasamanya  bertambah,”Ujar mantan Ketua MUI Kaltim periode-2016-2021.

Menurut MantanKetua Baznas Kaltim ini, Dewan PertimbanganMUI Kaltim ingin punya peran besar terhadap kegiatan MUI ataupun kegiatan mengabdi kepada umat. ,” kulihat di MUI pusat  Dewan Pertimbangan sangat aktif member masukan kepada pengurus MUI, dan alangkah positifnya kalau Pengurus MUI dan Dewan Pertimbangan selalu berkalaborasi,” jelasnya.

KH Hamri Has berharap pemprov juga  bisa selalu mensuport pembiayaan MUI, karena sesuai dengan Kepres no 25 MUI berhak mendapatkan dana dari pemerintah, kalau MUI pusat dari Kemenag, sedangkan MUI daerah dari Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Sementara itu  Ketua MUI Kaltim KH  Muhammad Rasyid yang hadir dalam silaturahmi antara Dewan Pertimbangan MUI Prov kaltim dan Wakil Gubernur Kaltim H Hadimulyadi melaporkan, kalau kepengurusan MUI Periode tahun 2001- 2025 sudah dibentuk  , baik pengurus  harian, dewan pertimbangan, maupun komisi, komisi.

“Alhmdulillah kepengurusn MUI Kaltim sudah tersusun, baik pengurus harian maupun komisinya,   bahkan  SK nya juga sudah ditandatangani oleh MUI Pusat, “kata Imam Besar Islamic Center Samarinda ini.

Lanjut KH Muhammad Rasyid, sudah ada beberapa komisi di MUI Prov Kaltim yang sudah aktif melakukan kegiatan, seperti komisi, ekonomi, komisi pendidikan , bahkan komisi  ekonomi selama ini sangat aktif sudah beberapa kali mereka mengadakan rapat dan kordinasi, komisi pendidikan juga termasukaktif ” kata Ketua dewan Masjid Indonesia kaltim ini.

KH  Muhamad Rasyid juga melaporkan , MUI Prov kaltim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemprov kaltim, Dinas Kesehatan Kota Samarinda menggelar belum lama ini menggelar  urun rembuk untuk ikut mensukseskan vaksinasi di Kaltim .

“Bahkan kami juga sudah mengadakan vaksinasi, diantaranya bekerja sama dengan Baznas kaltim dan MAN 2 dengan menggelar vaksinasi masal 2000 vaksin, selanjutnya juga menggelar lagi vaksin khusus siswa, juga di MAN 2. Dan rencananya nanti akan bekerja sama dengan Panitia Hari Santri kami akan mengadakan vaksinasi lagi,” ujar KH Muhamad Rasyid.

Wartawan/Redaktur: M Roghib