Rektor Unida Silaturahmi Ke MUI Kaltim

Samarinda, MUI Kaltim- Belum lama ini Ketua dan pengurus MUI Prov Kaltim Jalan  Harmonika 18 Samarinda kedatangan Tamu istimewa, yaitu Rektor UNIDA Gotor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. bersama Jajaranya .

Sementara dari tuan rumah Hadir pada silaturahmi tersebut antara lain, Ketua MUI Prop kaltim KH Hamri Has, Sekertaris MUI H Syahruddin, Ketua Komisi Dakwah Abdurrahman, Mahasiswa dan Mahasiswi Kader Ulama Gontor Angkatan ke 3 dan undangan lainya.

Rektor Unida Beserta Pengurus MI Katim

Ketua MUI kaltim KH Hamri Has  menyambut baik Rektor Unida dan  mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan bimbinganya kepada para kader ulama yang dikirim oleh MUI.

“Kami sangat berterimakasih karena pihak Unida mau menerima dengan tangan terbuka terhadap kader kader kami untuk bisa di didik sebagai kader ulama, bahkan Kaltim dianggap istimewa dibanding daerah lain,”Ujar Hamri Has.

Lanjut Hamri Has Sejak tahun  2017 MUI Kaltim sudah berupaya untuk mencetak kader ulama dan gayung bersambut MUI pusat juga ada program pengkaderan ulama yang melibatkan MUI daerah agar menyertakan kadernya  yang akan dididik di Unida Gontor, namun MUI Kaltim tidak puas kalau hanya 2 kader yang dididik menjadi ulama, padahal yang diperlukan kaltim sangat banyak.

“Kaltim yang luasnya 3 kali pulau jawa dan Madura tentu diperlukan ribuan kader ulama untuk membina mereka, klau hanya dua tentu sangat kurang,” katanya.

Menurut Hamri Has pihaknya berusaha bekerja sama dengan Pemprop kaltim meminta beasiswa ke kaltim dan hasilnya Pemprop memberikan bantuan Rp 2.5 Milyar untuk beasiswa kader ulama.

Hamri Has megatakan, kalau pihak Unida juga mau bukan hanya dua yang di kirim tapi berjumlah 40 kader ulama atau 1 klas setiap tahuanya dan sekarang sudah angkatan ke tiga.

Hamri Has juga berharap pendidikan kader ulama terus berlanjut, bukan hanya S1 tapi S2 sampai S3 , bahkan doctor agar pembinaan umat di kaltim nantinya bisa merata dan berjalan dengan baik.

Sementara itu Rektor Unida  H Amal Fathullah Zarkasyi  merasa senang bisa bekerja sama dengan MUI kaltim dan berusaha sebaik baik mendidik kader ulama yang di kirim MUI Kaltim

Rektor Unida dan Ketua MUI Kaltim

“Selama ini kami  Bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI mengadakan Program Kaderisasi Ulama (PKU) yang kini telah memasuki tahun ke-11. Program ini diadakan dengan tujuan mempersiapkan kader-kader ulama yang dapat menghadapi beragam tantangan pemikiran Islam,” Kata Rektor Unida.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Amal menyampaikan tentang peran dan keutamaan ulama, diantaranya sebagai calon ulama kita harus “berilmu” dan “beramal” dari kedua aspek ini pondasinya adalah “Iman” yang harapanya dari seluruh peserta peserta program kaderisasi ulama ini meghasilkan Ilmu amaliyah dan amal ilmiyah  (Roghib)