Polda Gandeng MUI Jaga Kondusifitas Kaltim

Polda Gandeng MUI  Jaga  Kondusifitas Kaltim

Samarinda (MUI Kaltim)- Belum lama ini Jajaran Polda kaltim melalui  Kadit Bimas nya Kompol Sisyono,Kompol Suharno Kompol Ari Nugroho mengunjungi MUI Propinsi Kalimantan Timur , kunjungan ini sekaligus mindak lanjuti kunjungan atau silaturahmi antara Kapolda kaltim dengan pihak MUI belum lama ini.

“Kami sepakat bekerja sama dan bermitra dengan MUI ,  khususnya MUI Kaltim dalam upaya menjaga situasi aman dan kondusif utamanya di tahun politik, yaitu pilkada Kaltim yang akan digelar bulan Juni 2018 nanti.”Kata Kompol Sityono Kasi Dit Binmas Polda kaltim
Sisyono menjelaskan silaturahmi dengan MUI ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan kapolda dengan MUI Kaltim bulan pebruari 2018 lalu dan ini juga lumplementasi program satuan tugas (Satgas) Nusantara yang diusung jajaran Polda kaltim.
“Sinergitas antara pemerintah, ulama dan kepolisian harus terbagun dengan baik, apalagi saat ini kita sedang menghadapi pesta demokrasi, sehingga perlu langkah-langkah kongret untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar nya.
Ia mencontohkan dalam penyelesaian persoalan kemasyarakatan, perlu adanya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara baik untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat, sehingga gesekan-gesekan dapat ditangani secara dini.
Selain pilkada, katanya, saat ini juga mulai muncul isu-isu sara dan berita hoax khususnya di media sosial yang dapat menjerumuskan masyarakat ke dalam konflik sosial.
Apalagi saat ini Kaltim sedang melaksanakan hajatan pesta demokrasi sehingga membuat pihak kepolisian bersama unsur pemerintah dan ulama perlu bergerak cepat mengambil langkah-langkah antisipasi.
Pihak Polda Kaltim juga berharap MUI bisa berperan aktif menyampaikan pesan-pesan damai dan persaudaraan lewat ceramah-ceramah agama dan khutbah di masjid.
Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has menyatakan siap mendukung kepolisian menjaga keharmonisan hidup masyarakat melalui pembinaan keagamaan yang menjadi tanggung jawab MUI, khususnya selama proses pilkada berlangsung banyak laporan masyarakat mengenai berita hoak, mony Politic terjadi dimana mana.

MUI sudah komiten untuk menjaga kondusif, keamanan dan kedamaian, MUI bersama Kominfo juga pernah mmberikan pemahaman kepada masyarakat agar menjahui berita hoak, berita ujaran kebencian,dan lain sebagainya,(Ghib)