Pemprov Kaltim Terima 40 Kader Ulama

Samarinda, MUI Kaltim- Sebanyak 40 mahasiswa utusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim yang dikirim mengikuti program Pendidikan dan Kaderisasi  Ulama (PKU) di Universitas Darussalam(Unida) Gontor telah berhasil melaksanakan proses belajar selama 6 bulan dan diserahkan kembali ke Pemprov Kaltim.

Gubernur Kaltim  H Isran Noor  menerima peserta program Pendidikan Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan ke-3 2019 dari Universitas Darussalam Gontor (Unida Gontor). Sementara itu penyerahan kader ulama ini digelar di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini.

Penyerahan ditandai dengan penyerahan laporan dari Rektor Unida Gontor H Amal Fathullah Zarkasyi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dan ketua MUI Kaltim KH Hamri Has.

Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan  agar seluruh ulama dapat menjaga kualitas akidah umat muslim di Kaltim dengan terus menjalankan tugas keulamaan di daerah.

“Karena itu, para ulama yang baru diterima Kaltim dapat terus belajar ajaran agama yang dipahami masyarakat Indonesia. Artinya, mereka yang sudah lulus dari pengkaderan bukan lagi kader, tetapi sudah menjadi ulama,” ungkap Gubernur

Menurutnya, keberadaan ulama diharap menjaga, menyelesaikan masalah keimanan dan keislaman masyarakat dengan baik. Karena, jika tidak dijaga maka akan terjadi perbedaan pandangan atau merasa benar sendiri. Sehingga diperlukan pendalaman, pemahaman terhadap pengetahuan tentang ajaran keislaman dan keagamaan oleh para ulama-ulama muda.

.           Rektor Unida Gontor Dr Hamid Fahmi Zarkasyi mengatakan program PKU adalah program yang diadakan MUI pusat yang bekerjasama dengan Pondok Modern Gontor dimulai sejak tahun 2009 dan saat ini sudah pada periode yang  ke-11. “MUI Kaltim dalam dua tahun ini telah mengirimkan angktan ke 3 putra-putri Kaltim  dan pada setiap pengiriman berjumlah 40 orang, selaku pelaksana program PKU perwakilan Kaltim telah berhasil melaksanakan studinya dengan sebaik-baiknya dengan prestasi yang gemilang,” kata Hamid Fahmi Zarkasyi

Sementara itu Ketua  MUI Kaltim KH Hamri Has  mengapresiasi kepada  Rektor Unida Gontor yang telah berhasil melakukan pendidikan dan pembinaan kepada mahasiswa utusan MUI  Kaltim dengan berhasilnya para mahasiswa Kaltim yang menempuh pendidikan dan kaderisasi ulama.

“Oleh karena itu,  kita diharapkan  kepada mahasiswa yang berhasil mengikuti pengkaderan ulama, nantinya  bisa menerapkan ilmunya dalam memberikan dakwah yang humanis dan riil untuk bagaimana mengembangkan para pemuda-pemudi dan masyarakat untuk di ajak ke jalan kebaikan,” katanya. (Ghib)