MUI Prov Kaltim Sembelih 3 Ekor Hewan Kurban

Ketua MUI KH Hamri Has Menyerahkan Daging Kepada Masyarakat (Foto/Ghib)

                              Ketua MUI KH Hamri Has Menyerahkan Daging  Kurban Kepada Masyarakat (Foto/Ghib)

Samarinda, www,mukaltim,org- MUI Provinsi Kalimantan Timur pada lebaran Idul adha 1440 H / 12 Agustus 2019 ini menggelar penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi, bertempat di Islamic Center lama Jalan Suryanata Samarinda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Prov Kaltim KH Hamri Has, Wakil Ketua MUI Prov Kaltim KH Muhamad Haiban, Sekertaris Umum MUI Prov Kaltim KH Syahrudin, Ketua LPPOM MUI Prov Kaltim H Sumarsongko, para pengurus, para relawan Alumni PKU dan lain lain.
“Tahun ini ,MUI Prov kaltim melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 3 ekor sama dengan tahun lalu yang juga menyembelih 3 ekor.

Pengurus MUI menyembelih Hewan Kurban

                                     Pengurus MUI menyembelih Hewan Kurban (fhoto Ghib)

Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari berbagai kalangan yakni 1 ekor dari Wakil Gubernur Kaltim H Mulyadi, 1 dari pengussaha Yoes Soetomo, sementara yang 1 ekor lagi sumbangan dari CV Berkah Salamah.,” Kata Ketua MUI Prov Kaltim KH Hamri Has.

Lanjut Ketua MUI, pihaknya sangat bersyukur MUI setiap tahun selalu dapat amanah dari masyarakat karena mereka berpendapatat MUI sangat professional dalam melaksanakan penyembelihan dan penyalurannya. Ada fotonya, ada beritanya, bahkan ada laporan pertanggung jawabannya, jadi mereka sangat senang dan percaya bahwa MUI sangat professional dan bertanggung jawab.

Kepada wartawan KH Hamri Has mengatakan banyak hikmah yang dapat diambil dari ibadah kurban, untuk mencapai tujuan, perlu pengorbanan. Pengorbanan terbesar adalah yang paling sulit. Jadi, kalau berkurban, pilihlah ternak yang terbaik dan tidak cacat.

Berkurban harus memberi yang terbaik. Kalau bukan yang terbaik, atau yang cacat, sama saja membuang sampah. Bukan berkurban. Supaya berkah, berikan yang terbaik secara ikhlas dan yang menerima pun senang.

Kurban juga merupakan bagian dari sedekah dan zakat. Rasulullah bersabda, yang memiliki harta cukup, tapi tidak berkurban, maka tidak boleh berada dalam barisan Rasulullah saat Shalat Ied. Dengan perintah Rasul ini, ulama berpendapat, hukum berkurban itu Sunah Muakad atau yang sangat dianjurkan.

Allah juga berfirman, manusia tidak akan sanggup menghitung nikmat yang diberikan-Nya. Untuk itu, jika diberi nikmat, harus berbagi, dan disebarluaskan biar yang lain ikut menikmati.
Lanjut KH Hamri Has ibadah kurban mempunyai makna ibadah dan pengurbanan seorang muslim baik harta maupun keluarga.
kurban juga membersihkan harta kita, dan memurahkan rezeki. Allah pasti mengganti harta yang kita zakatkan, meski tidak dalam bentuk yang sama. Bisa yang sakit menjadi sembuh, usaha lancar dan lainnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyembelihan hewan kurban MUI yang sekaligus sebagai wakil Ketua MUI Dr H El Badiyansyah M.Pd mengatakan, dari hasil penyembelihan 3 ekor sapi tersebut menghasilkan sekitar 250 bungkus dengan berat/bungkus daging murni 8 on dan sisanya hati, ampul dan tulangan.

“Daging tersebut kami salurkan kepada para ulama yang ada di Samarinda, para pengurus MUI, pondok pesantren, yayasan anak yatim dan masyarakat sekitar, walaupun jumlahnya terbatas moga mereka juga merasakan nikmatnya daging sapi,” Jelasnya.

Elbadiyansyah melanjutkan pelaksanaan Penyembelihan kurban MUI alhamdulllah berjalan lancar, cepat dan profesional, karena kerjasama inilah yang membuat kegiatan berjalan lancar.

“Saya ucapkan terimakasih atas dukungan para ulama dan kepada para panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya penyembelihan hewan kurban semoga Alloh memberikan pahala yang berlipat,”Ujar mantan Kemenag Samarinda ini.

Pewarta: M Roghib