MUI Kaltim Masa Khidmat 2021-2026 dikukuhkan, ini Struktur Pengurusnya

Setelah Pengukuhan Pengurus MUI Kaltim Foto bersama Sekjen MUI Pusat , Dr H Amirsyah Tambunan, Gubernur kaltim H Isran Noor, Rektor UNU H. Farid Wadjdy, (Foto Roghib)

Samarinda .www.muikaltim.or.id- Kepengurusan   MUI  Provinsi  Kalimantan Timur  yang diketuai KH Muhammad Rasyid  dan Drs H Samudi sebagai  Sekretaris  resmi dikukuhkan oleh Sekjen MUI Pusat, Dr H Amirsyah Tambunan di Hotel Senyiur  di Jl. Pangeran Diponegoro No.17-19, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur belum lama ini (22/3)

Pada pidato setelah pengukuhan,  Amirsyah Tambunan  mengatakan ,  sebagai khadimul ummah, MUI harus melayani umat dan memenuhi harapan serta aspirasi masyarakat. Sedangkan dalam perannya sebagai shadiqul hukumah, MUI harus mampu bekerjasama dengan pemerintah sebagai mitra dalam rangka mendukung pembangunan nasional untuk mensejahterakan rakyat sejauh tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Lanjut Sekjen MUI ini bermitra dengan pemerintah merupakan suatu keniscayaan, karena kebanyakan dari yang telah dilakukan MUI adalah bagian dari pelaksanaan Undang-Undang seperti jaminan produk halal, ekonomi syariah, dan sebagainya.

“Oleh karena itu saya mengajak para pengurus MUI  Kalimantan Timur untuk benar-benar berkhidmah dengan keilmuannya masing-masing dan mementingkan organisasi daripada kepentingan pribadi, MUI sebagai pewaris tugas para nabi, sebagai pemberi fatwa, sebagai riwayat wa khodimul ummat atau pembimbing dan pelayan umat dan penegak amar ma,ruf nahi munkar,””ajak Sekjen MUI pusat.

Pembukaan Acara Seminar Ukhuwah islamiyah oleh Gubernur kaltim H Isran Noor ditandai dengan Pemukulan Gong (Foto M Roghib)

Sementara itu  Gubernur kaltim H Isran Noor  mengapresiasi telah dikukuhkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim Masa Khidmat 2021-2026 yang diketuai KH Muhammad Rasyid.

“Selamat dan sukses atas dikukuhkan pengurus baru MUI Kaltim Masa Khidmat 2021-2026. Saya berharap MUI Kaltim mampu menjadi bagian integral MUI se Indonesia. Sehingga mampu menjadi pemersatu umat seluruh Indonesia,” ucap Gubernur Isran Noor yang juga membuka Seminar Merajut Ukhuwah Islamiyah ditandai dengan pemukulan bedug.

Menurut Isran, ketika MUI mampu memegang pembina umat lainnya, maka secara otomatis perdamaian akan didapat di muka bumi.

Artinya, ketika bisa merangkul semua pihak, maka MUI maupun pemerintah mampu bisa melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang akan mengganggu keutuhan negara dan bangsa.

Ketua MUI Kaltim, KH Muhammad Rasyid berharap pengurus MUI Kaltim dapat memberikan peran sangat positif bagi masyarakat Kaltim.

“Termasuk peran MUI Kaltim dalam menyongsong masa depan Kaltim termasuk menyongsong IKN. Majelis Ulama tak hanya bicara soal agama tapi dari semua aspek. Termasuk UMKM, Majelis Ulama juga berharap terutama UMKM kita bisa berkualitas dari sisi produksinya, meningkat permodalannya dan terjamin kehalalan produknya,” ungkapnya. 

Acara pengukuhan  pengurus MUI 2021-2026 juga dirangkai dengan penyerahan PKU (Pendidikan Kader Ulama) V tahun 2021 Dari Unida Gontor ke Pemprov kaltim (Foto M Roghib)

Acara pengukuhan  pengurus MUI 2021-2026 juga dirangkai dengan penyerahan PKU (Pendidikan Kader Ulama) V tahun 2021 Dari Unida Gontor ke Pemprov kaltim serta seminar merajut ukhuwah islamiyah yang digelar oleh Komisi Ukhuwiyah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia kaltim.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Sekjen MUI Pusat Dr H Amirsyah Tambunan , Gubernur kaltim H Isran Noor,  Rektor Universitas Nahdlatul Ulama H. Farid Wadjdy, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H. Masrawan, Polda Kalimantan Timur, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, tokoh agama dan masyarakat Kalimantan TImur.

Pengurus MUI  kaltim Masa Khidmat 2021-2026

1.KetuaUmumK.H. Muhammad Rasyid, S.Pd.I
2.Wakil KetuaUmumDrs. K.H. Muhammad Haiban
3.Wakil KetuaUmumK.H. BoechorieNoer
4.KetuaBidang FatwaDr. MakmunSyar’i, M.H.I
5.KetuaBidangUkhuwahK.H Ahmad Zaini
6.KetuaBidangDakwahDr.H.Abdurrahman AR, S.Pd., M.Ap
7.KetuaBidang PendidikanDr. H. SuriansyahHage, M.Pd
8.KetuaBidang HukumDr. H. Muhammad Tang S, M.Pd.I
9.KetuaMembawahi KDKK.H. Siswanto
10.KetuaBidang Ekonomi &Membawahi PINBASH. Ambo Dalle
11.KetuaBidang PRKDr. Hj. Aminah DjafarSabran, M.Pd
12.KetuaBidang HAUBDrs. K.H.AzharQowim, M.Pd.I
13.KetuaMembawahi LPPOM &GanasAnnarDr. H. Mansyah HB, M.Pd
14.KetuaBidangInfokomDrs. H. Abdul Hadi, M.M
15.KetuaBidangPenelitianProf. Dr. Zurqoni, M.Ag
16.KetuaBidang SBI &MembawahiBasyarnasMaksunArif, S.H. I
17.SekretarisUmumDrs. H. Samudi
18.SekretarisDr. Abubakar Madani , M. Ag
19.SekretarisDrs. H. Jaswadi, M.M
20.SekretarisDrs. H. SaripSaripudin, M.Pd.I
21.SekretarisDra. Hj. Nurhayati Tappa
22.SekretarisHj. Noor Saufiah, S.Ag
23.BendaharaUmumH. M. HifnieSyarkawi
24.BendaharaH. NanangSulaiman, SE
25.BendaharaZainuddin Fanani, SE
26.KetuaKomisi FatwaH. KhairyAbusyairi, Lc., M.A
27.KetuaKomisiUkhuwahDrs. H. SyahrilTarmidzi, M.Si
28.KetuaKomisiDakwahK.H Muhammad Subhan
29.KetuaKomisi PendidikanDrs. H. M. Khozin, M.Pd
30.KetuaKomisiPenelitianProf. Dr. H. Syachrumsyah Asri
31.KetuaKomisi HukumH. Hasanuddin Daeng Naja, S.H
32.KetuaKomisi EkonomiAkhmadSobyan Herman, S.E., M.M
33.KetuaKomisi PRKProf. Dr. drh. Hj. Gina Saptiani
34.KetuaKomisiInfokomDrs. H. M. Roghib
35.KetuaKomisi HAUBDrs. H. Suparman, M.Si
36.KetuaKomisi SBIDrs. H. AgusPurnama, M.M
37.Direktur LPPOMDrh. H. Sumarsongko Wartawan Redaktur:Muh Roghib  

Wartawan/Redaktur M Roghib