MUI Kaltim Kirim Kader Ulama Angkatan V Ke Unida Gontor

Para Calon Kader Ulama Angkatan V yang dikirim ke Unida Gontor ( Fhoto Roghib)

www.muikaltim,or,id- Tahun 2021 ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor  menggelar lagi pengkaderan ulama angkatan V.      

Dibandingkan   angkatan ke IV sekitar 19 orang, Angkatan ke V MUI hanya  mengirim kader ulama  16 Orang terdiri  10 orang perempuan dan 6 laki laki. Para  kader ulama akan dididik selama 6 bulan di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dengan Beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua MUI Kaltim KH Muhamad Rasyid  merasa bersyukur, walaupun dalam kondisi krisis ekomomi dan terkena musibah Pandemi, MUI Kaltim masih bisa mengirim para kader ulama untuk belajar ke gontor, ini juga karena dukungan  berbagai pihak, utamanya Pemprov Kaltim dengan program biasiswa tuntas.

“Kami ucapkan terimakasih dengan semua yang mendukung kegiatan kader ulama yang digagas oleh MUI, terutama pak Gubernur Isran Noor yang selalu mendukung kegiatan MUI, utamanya kader ulama hingga angkatan V,”Ujar KH Muhamad Rasyid  disela sela kegiatan Pembekalan calon kader ulama (PKU). Di Gedung Rapat MUI Kaltim Jalan Harmonika no 1 samarinda belum lama ini.

Ketua MUI  berharap  para calon kader ulama ini sungguh sungguh dan tekun  belajar karena mereka merupakan harapan besar masyarakat Islam kaltim dan setelah nanti selesei belajarnya benar benar bisa menjadi ulama dan mendakwahkan kepada masyarakat.

Disamping itu dengan tekun belajar dan menjadi kader mumpuni adalah  juga merupakan program Pemprov Kaltim untuk meningkatkan SDM yang unggul dibidang agama.

“ Saya berharap adik adik ini tekun dan rajin belajarnya agar bisa sukses jadi ulama dan tidak boleh main main karena pemprov kaltim membiayai para kader ulama ini tidak sedikit, milyaran,” Ujar KH Muhammad Rasyid

Ketua MUI Kaltim KH M Rosyid Memberikan Pembekalan kepada Para Calin Kader Ulama

Sementara itu Ketua Komisi  Pendidikan dan Kaderisasi Drs H Muhammad Khozin,Mpd mengatakan  ,    para calon kader ulama ini sebelum beragkat dibekali ilmu dasar oleh para ulama di kaltim diantaranya tentang Peran MUI sebagai tenda besar  umat islam  (Pemateri KH Muhamad Rasyid)    , Aqidah Ahli Sunnah Wal jamaah ,( KH Bukhari Noor),  setrategi belajar yang sukses (Pemateri  Bahrani M,pd. )  dan Program Kaderisasi ulama di Unida Gontor ( Pemateri Arif Alumni PKU MUI Kaltim)

            “ Agar  para kader ini lancar dan betah dalam pendidikannya, mereka diberikan bekal dulu berupa wawasan dan pengetahuan serta tata tertip selama mereka belajar.  Selain diberikan bekal ilmu pengetahuan para kader ulama juga diberikan jaminan biaya selama pendidikanya. Dan untuk biaya ini MUI Kaltim kerja sama dengan Pemprov Kaltim melalui bea siswa tuntas ,” Kata Muhammad Khozin.

ke 16 nama Calon Kader Ulama yang mengikuti pendidikan di Unida Gontor adalah,1. Tajuddin, 2. Alanray Yarra Renaya, 3. Aco Wahab, 4. Muhammad Mu,tasim Taymallahm 5. Annisa Cikal Dara cantika, 6 Siti Tarisah, 7. Eugenia Dhea Adeline,8. Istika Ayu Lestari, 9. Livi Husnia Aidatul Fitroti, 10, Maharani Wulandari, 11, Nurafifahm 12. Rahmawati, 13. Nurdiana Yudi Bakti Purnama, 14. Dzakkiyah Putri Nurul Latifah, 15. Rachmi Chotya Dewi,16 Raifatun  Khoiriyah.

Refaktur : M Roghib