MUI Kaltim  Ajak Masyarakat Bantu Korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar

Ketua MUI kaltim KH Hamri Has

Samarinda, muikaltim,or,id- Sebagai bentuk keprihatinan dan salidoritas terhadap saudara saudara kita yang sedang mengalami musibah  bencana alam  banjir bandang  di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Selawesi Barat yang terjadi baru baru ini   

“ MUI menghimbau semua lapisan masyarakat  baik melalui dana, tenaga dan moral untuk membantu saudara saudara kita yang baru terkena korban banjir  di kalsel dan gempa bumi di Sulawesi Barat,”Ujar Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has  dalam rapat persiapan penggalangan dana qurban banjir dan gempa bumi di kantor MUI belum lama ini.

KH Hamri Has juga mengajak masyarakat menggalang dana melalui gerakan infaq dan sedekah  dan menyalurkanya melalui lembaga resmi, seperti MUI dan lembaga resmi lainya diseluruh Kaltim.

Selanjutnya MUI se- Kaltim diminta  untuk kordinasi dengan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kota se-Kaltim untuk bisa menghimbau kepada Masjid –Masjid, Majelis Taklim, para dermawan, serta lembaga lainya agar melakukan gerakan infaq dan sedekah untuk musibah tersebut.

“Saya juga mengharapkan  takmir masjid se-Kaltim menyiarkan dan mengkomunikasikan  kepada seluruh jamaahnya pada 2 kali hari jumat, dimana infak terkumpul dari 2 kali jumatan masing masing sebanyak 50 persen dialihkan  untuk membantu qurban bencana alam di dua daerah tersebut.,” Himbau Ketua mantan ketua Basnas Kaltim ini.

Lanjut KH Hamri dana bantuan  yang berhasil dihimpun  juga bisa  disetorkan melalui Bank Muamalat Syariah No rekening 7112082212 an MUI KALTIM BANTUAN BENCANA . dan nantinya setelah terkumpul akan disalurkan ke dua daerah, yaitu Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Ketua MUI ini juga mengingatkan, musibah sampai kapanpun akan selalu datang menerpa atau menguji manusia, dan melihat bagaimana cara manusia menyikapinya. Untuk menyikapinya manusia harus bersatu dan mempunyai empati, terpanggil, peduli dan mencintai mereka yang terdampak musibah.

“Berdasarkan perspektif ajaran Islam, musibah yang dialami oleh saudara-saudara kita sebenarnya musibah yang kita alami juga, karena mereka juga bagian dari kita, mereka bagian dari bangsa kita,” ujarnya.

KH Hamri Has mengingatkan, agama Islam mengajarkan bahwa manusia sesungguhnya bersaudara dan manusia harus saling membantu. Allah SWT juga menegaskan akan menolong orang yang gemar menolong.

“Kita mengajak dan menghimbau bersama-sama memberikan empati kepada saudara-saudara kita yang tengah mendapatkan musibah,” ujarnya.

Wartawan /Redaktur: Muh Roghib