MUI Harus Mendapatkan Perhatian Pemerintah

Samarinda (MUI Kaltim)  Majelis Ulama Indonesia (MUI)  adalah sebagai mitra strategis pemerintah untuk menghadapi persoalan bangsa. baik pemerintah daerah kabupaten ,kota, atau bahkan provensi oleh karena itu MUI sebagai ormas yang membina ummat harus mendapat perhatian dari Pemda utamanya soal pendanaan.

          “Bukan hanya MUI semua ormas atau lembaga keagamaan seharusnya mendapatkan dana pemerintah secara proporsional saya akan berkomitmen akan hal tersebut,”ujar Isran Noor Gubernur Kaltim terpilih Tahun  2018-2023.di acara Milad MUI yang ke 43 di Gedung Kemenag jalan Harmonika Kota Samarinda (26/7).

Gubernur Kaltim Terpilih H Isran Noor .di acara Milad MUI yang ke 43 di Gedung Kemenag jalan Harmonika Kota Samarinda

            Isran Noor mencontohkan waktu jadi bupati Kutim semua ormas dari lintas agama mendapatkan dana, secara adil, tentu saja adil dengan sesuai kebutuhan masing masing”Liat di Kutim ada Islamic Center, Kristen Center, kelentheng dan lainya semua mendapatkan dana secara adil dan proporsional,” tambah Isran Noor

          Lanjut  Isran, pemerintah  membantu kegiatan keagamaan termasuk MUI di masing-masing tingkatan sudah ada aturanya, ada pijakanya yaitu  Kepres yang ditandatangani oleh Presiden ke -6 Susilo Bambang Yudoyono.

          “Kan sudah ada kepres (keputusan presiden)nya yang ditandatangani Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Kepres itu jelas mengatur kwajiban pemerintah pusat membiayai MUI Pusat, begitu juga di daerah. Kita ikuti Kepres itu saja. Selesai urusan kalau kita ikut aturan,” kata Isran.

          Mengenai program Pendidikan Kader Ulama yang sudah dijalankan MUI hingga 3 tingkatan  dan setiap tingkatan diisi oleh 40 orang itu  Isran juga berjanji program kader ulama (PKU)  yang digelar MUI itu sangat bagus dan tentu saja harus didukung kalau perlu ditingkatkan.

“Sekarang kan Kaltim sudah punya Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Ulama di Gontor. Insyallah itu akan kita teruskan,” katanya.

Isran juga berharap MUI terus berperan dalam pembangunan, sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) yang dimiliki.

Jika demikian, Isran yakin MUI akan mampu membantu pemerintah mengatasi persoalan masyarakat dan sosial.

“MUI ini kan sebagai konsultan pemerintah dalam rangka pembinaan masyarakat dan umat,” jelasnya. (Ghib)