Milad ke 22 Baznas Kaltim Gelar Tasyakuran dan Khataman Qur,an

Samarinda,muikaltim,or id- Tepat pada 17 Januari 2023 ini, Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) berulang tahun ke-22. Di Milad ke-22 itu,  Sementara di Kaltim Milad Baznas Ke 22 menggelar  Tasyakuran dirangkaikan dengan kegiatan khataman al-qur’an dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa . Milad Baznas kaltim dengan  mengambil Tema ; Berkah Berzakat Terima Kasih Muzakki, Terima Kasih Mustahik  ini  digelar secara sederhana di kantor Baznas  Provinsi Kalimantan Timur  di  Jalan Harmonika no 1 Samarinda Kaltim Senin 16/1/2023  .

Mewakili Gubernur kaltim Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (karo Kesra) Setda Provinsi kaltim  Andi Muhammad Ishak mengatakan, di Milad yang ke 22 Baznasi benar benar bisa memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, khususnya kaltim.

Dia juga berharap  di usia yang semakin dewasa Baznas lebih professional dan lebih kerja keras sehingga mampu menghimpun zakat, sedekah,infaq yang maksimal  dan pada akhirnya  mampu membantu masyarakat di kaltim secara luas, khususnya mengatasi kemiskinan.

Untuk itu lanjut Ishak Baznas tentu perlu dukungan masyarakat, dan dengan ditanganinya secara profesional, transparan, akuntabel masyarakat akan percaya dan berzakat ke Baznas.

 

 

Ketua dewan pengawas Baznas provinsi Kaltim M Jauhar Efendi, dalam sambutannya  mengatakan,agar Baznas dalam pengelolaan dana zis, mengacu kepada peraturan dan ketentuan yang disyariatkan, sekecil apapun dana zis yang disalurkan tentu berdasarkan asnaf, termasuk bantuan terhadap anak-anak stunting perlu pengawasan dan pemantauan di lapangan, yang telah dikoordinasikan dengan kantor BKKBN dan DP PKK provinsi Kaltim, dengan adanya penyaluran dana zis kepada anak-anak stunting ini tentu sangat membantu pemerintah dalam menuntaskan dan mengurangi kemiskinan

Ketua Ahmad Nabhan  mengatakan , bahwa pada Milad Baznas ke 22, pihaknya  mengadakan beberapa kegiatan yaitu ,Pembacaan do’a syukur yang dipimpin langsung oleh ketua MUI Provinsi Kalimantan Timur KH. Muhammad Rasyid, S.Pd dilanjutkan khataman al-qur’an oleh santri tahfidzul qur’an Darul Falah sebanyak 15 santri masing-masing 2 juz.

Ketua Baznas Kaltim juga melaporkan  tentang perolehan/pengumpulan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) tahun 2022 sebesar Rp. 8.76.735.842.99, sedangkan tahun 2021 sebesar Rp. 6.840.869.915.74 jadi ada kenaikan sekitar 2 Milyar .

Dana ZIS tersebut Sebagian telah disalurkan ke beberapa program diantaranya , 1. Kaltim Makmur/Pendayagunaan Rp. 3.596.859.000. 2. Kaltim Sehat/Kesehatan Rp.687.305.022.,3. Kaltim Taqwa/Dakwah Rp. 1.142.390.000.,4. Kaltim Peduli/Kemanusiaan Rp. 2.810.553.168.,5. Kaltim Cerdas/Pendidikan Rp. 720.379.359.Penyaluran dana Zis tersebut, Sebagian juga diserahkan   ke Baznas Kabupaten/Kota.

Nafhan  mengucapkan terimakasih  kepada Gubernur, Wakil Gubernur, sekretariat daerah, kepala kantor kantor dinas instansi,BuMD, Perbankan, perusahaan dan Muzakki atas dukungan dan bantuan yang diberikan kepada Baznas kaltim.  Mantan Petinggi Kemenag Wilayah Kaltim ini berharap tahun 2023 ini BAZNAS bisa  bisa lebih banyak lagi dalam pengumpulan ZIs sehingga semakin banyak pula bisa membantu masyarakat.

Hadir dalam Milad BAZNAS Kaltim ke 22  Karo Kesra Setda Pemprov Kaltim : Andi Muhammad Ishak, Ketua Dewan Pengawas BAZNAS Provinsi Kaltim : Dr. H. Jauhar Efendi, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim. : Drs. H. Abdul Khaliq, M.Pd, Kepala Kantor perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim : Haditiya, Ketua MUI Provinsi Kaltim : KH. Muhammad Rasyid, S. Pd, – Kepala cabang Bank Kaltimtara Syariah : Bapak Denny Irfani, SE, – Pimpinan BAZNAS Kota Samarinda : Akhmad Sirodz,  Santri dan pendamping Pondok Pesantren Darul Falah dan – para Para pimpinan Baznas  Provinsi Kaltim : Drs. H. Ahmad Nabhan, Dr. H. Abdurrahman AR, M. Ap, dan Achmad Suparno, SH../Ghib

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *