Maksimalkan Pelayanan Masyarakat, Perumdam Tirta Kencana Kebut Proyek SPAM Sungai Kapih

SAMARINDA  www.muikaltim,or,id – Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus kebut penyelesaian pembangunan SPAM Sungai Kapih. Direktur Teknik Ali Rachman AS bersama Manager Perencanaan Teknik H M Ady Fachrudy melalui Asisten Manager Humas dan Kesektariatan HM Lukman, saat mendampingi Anggota Dewan Pengawas H Abdullah dan Hargono saat meninjau ke lokasi pembangunan SPAM Sungai Kapih mengatakan pembangunan SPAM ini sebagai uapaya peningkatan pelayanan akan air bersih.

“Alhamdulillah kita kebut penyelesaian SPAM Sungai Kapih seiring di tahun ini adanya bantuan anggaran Keuangan dari Pemerintah Kota melalui PUPR Kota Samarinda yang Insya Allah akhir tahun 2021 sudah bisa kita operasikan untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Sambutan dan sekitarnya,” kata Ali Rachman, Minggu (1/8/2021)

Dijelaskan, IPA Sungai Kapih kapasitas 200 liter/detik ini sudah lama mangkrak sejak tahun 2014. Bahkan beberapa peralatan sarana dan prasarana banyak tidak ada. Karenanya Perumdam bekerja keras berjuang mencari dukungan anggaran baik ke Pemerintah Kota maupun Pemerintah Provinsi agar bisa dilengkapi kembali sarana dan prasarana sehingga SPAM Sungai Kapih nantinya bisa dioperasionalkan untuk melayani dan menambah kapasitan prosuksi air bersih untuk Kota Samarinda.

“Alhamdulillah dukungan Walikota Andi Harun dan jajarannya serta Gubernur Isran Noor, dukungan anggaran dikucurkan untuk penyelesaian SPAM Sungai Kapih ini, semoga proyek berjalan lancar dan target akhir tahun selesai dan bisa dioperasinalkan,” terang Ali.

Jika SPAM Sungai Kapih sudah bisa beroperasi diharapkan akan bisa menambah pasokan produksi air bersih untuk melayani masyarakat di kecamatan Sambutan termasuk Perumahan Sambutan Asri dan Handil Kopi yang selama ini aliran masih bergilir. Selain itu saat ini juga sedang proses pekerjaan pipa DN 300 mm dari jalur SPAM Makroman menuju Sambutan. Target akhir tahun ini juga perpipaan bisa terkoneksi.

“Mohon doa dan dukungannya Insya Alllah jika SPAM Sungai Kapih beroperasi akan mengurangi jadwal bergilir di wilayah Sambutan Asri dan sekitarnya. Diupayakan bisa mengalir 24 jam dan lancar jika pipa sudah terkonek dari jalur SPAM Makroman,” tutur Ali Rachman.

Bila pekerjaan tersebut telah selesai, maka Perumdam Tirta Kencana akan membuka penyambungan pelanggan baru di wilayah tersebut. ( Humas PDAM Smd)