LPOM MUI Kaltim Sukses Gelar Festifal Syawal

Salah Satu Peserta Festifal Syawal yang digelar LPOM MUI Kaltim

Dalam rangka mendorong daya saing para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kaltim menyelenggarakan Festival Syawal LPPOM MUI bertema “Tingkatkan Daya Saing UMK melalui Sertifikasi Halal yang Mudah dan Terpercaya”. Kegiatan  digelar selama kurun waktu bulan Syawal 1442 H, tepatnya pada 22 Mei hingga 12 Juni 2021. 

“Program ini merupakan bentuk kepedulian LPPOM MUI kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah produknya.  Secara Nasional LPPOM MUI, yang telah berkecimpung di dunia sertifikasi halal selama 32 tahun, selalu memberikan dukungan kepada semua pelaku usaha. Tak hanya kepada perusahaan besar, tetapi juga dari sektor UMK,” jelas Direktur  LPPOM MUI,H Sumarsongko.

 Sumarsongko mengatakan  , Festival Syawal juga merupakan bentuk komitmen LPPOM MUI untuk terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan jumlah produksi produk halal Indonesia, yang diharapkan kelak dapat bersaing hingga ke kancah global.

Ketua LPPOM MUI Kaltim H Sumarsongko

Sementara itu  jelas Sumarsongko, di kaltim Jumlah peserta yang mendaftar online sebanyak 338 UMK (Berdasar data rekapitulasi dari LPPOM MUI Pusat per tanggal 8 Juni 2021)Pelaksanaan BIMTEK tanggal 9 dan 10 Juni 2021 secara daring dan luring

Jumlah peserta yang mengikuti BIMTEK ± 300 UMK (via online, channel youtube, dan offline)

Jumlah peserta yang difasilitasi sekitar 20 UMK (sedang dilaksanakan)

) Jenis kegiatan : A. Bimtek (dilaksanakan secara online dan offline) yang berisi 3 cakupan kegiatan : 1. Sosialisasi 2. Pelatihan SJH3. Pelatihan Cerol B. Sertifikasi Halal (diberikan kepada yang memenuhi kriteria sesuai syarat dan ketentuan.

Lanjut Sumarsongko,  ada  bebepapa panduan yang harus dilakukan peserta dalam mengikuti Festifal ,

Diantaranya menyiapkan  perangkat komputer/laptop/ponsel Anda tersambung dengan internet.. plikasi yang akan digunakan untuk BIMTEK ini adalah “ZOOM Cloud Meetings“. Jadi, pastikan di komputer/laptop/ponsel Anda sudah terpasang aplikasi ”ZOOM Cloud Meetings”.. Link akses zoom BIMTEK akan kami kirimkan melalui WA Grup pada H-1 pelaksanaan BIMTEK pada pukul 17:00 WITA

.Pelaksanaan BIMTEK dimulai pada pukul 08.00 WITA. Peserta wajib hadir di zoom room sebelum jam pelaksanaan.
             Pada hari pertama (SEBELUM MATERI) akan diadakan pretes, sedangkan postes akan dilaksanakan pada hari kedua (SEBELUM PENUTUPAN).  Gunakan Nama Lengkap _UKM (Kab) saat bergabung di zoom room (misal; WAGYU AMPLANG SAMARINDA), berpakaian sopan dan aktif video.  

Peserta dimohon untuk tidak mengaktifkan fitur mikrofon/di mute saat kegiatan BIMTEK berlangsung, kecuali saat sesi diskusi.Peserta wajib hadir dan mengisi absensi, link absensi akan diberikan pada chat box zoom.Ketika BIMTEK berlangsung, peserta akan diberikan kesempatan bertanya kepada narasumber dengan memanfaatkan kotak chat box Zoom dengan menyebutkan Nama dan UKM atau raise hand.

Materi BIMTEK yang diberikan setelah kegiatan berakhir, untuk itu harap membuat catatan pribadi yang diperlukan. Untuk e-sertifikat akan kami kirim paling lambat H+7 setelah pelaksanaan BIMTEK berlangsung.(M Roghib)