KH Hamri Has Doakan Andi Harun Jadi Pemimpin Yang Amanah

Samarinda,muikaltim, or,id- Andi Harun dan Rusmadi  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda. Sebelum  mengawali kerjanya sebagai Walikota Samarinda mengadakan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk para tokoh kaltim dan ulama.

Pasangan No urut  tiga  dalam pemilihan Walikota Samarinda 2021 -2026 ini  meminta izin, dukungan, restu  dan  doa serta menerima masukan dalam membangun Samarinda.Dalam pertemuanya dengan tokoh masyarakat dan ulama belum lama ini  Kamis, 11 Februari 2021 di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dan dihadiri HM Jos Soetomo, Asmuni Ali,  KH Rosyid  KH Hamri Has, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya, Andi Harun dan Rusmadi didoakan KH Hamri Has yang kedua kalinya.

“ Saya 2 kali mendoakan beliau, pertama waktu Calon Walikota waktu berkunjung ke rumahku di Perum Privat Samarinda, dan kedua setelah terpilih jadi walikota.  pertama saya doakan semoga jadi Walikota dan setelah jadi walikota, saya doakan  lagi  agar menjadi pemimpin yang amanah dan Samarinda menjadi kota yang lebih baik lagi.,”  ujar KH Hamri Has di Kantor MUI Jalan Biola Samarinda.

 Lanjut KH Hari Has, dia sebagai ulama, apalagi Ketua MUI harus independen, tidak boleh memihak dan  dukung mendukung, siapa saja yang minta doa, dan minta dukungan akan di doakan . Dan  kebetulan yang datang ke rumah mantan ketua Basda ini  Andi Harun dan Rusmadi, maka didoakanlah keduanya.

Mengutip Kaltim Kece,  Wali Kota Samarinda  Andi Harun dalam pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan ulama Kaltim  menyebut saat ini masyarakat sangat berharap adanya perubahan di ibu kota Kaltim. Ia menegaskan bakal melakukan perubahan. Namun hal yang sudah baik di periode sebelumnya akan dilanjutkan dan ditingkatkan.

Andi menjelaskan, modal utama pembangunan adalah kekompakan dan kondusivitas masyarakat. Semua elemen masyarakat baik etnis dan agama apapun bersatu sebagai bahan baku politik dan pembangunan.

“Samarinda sebagai ibu kota Kaltim harus menjadi contoh dari falsafah fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan). Jika ada di posisi itu, kita di garis yang jelas,” tuturnya.

Mantan Ketua PAN Kaltim  itu mengatakan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah Samarinda, APBD Samarinda yang sekitar Rp 3 triliun itu menurutnya terbilang kecil. Sehingga Pemkot Samarinda membutuhkan investasi baik dari dalam maupun luar negeri. “Kita tak boleh tertutup terhadap investasi yang ingin masuk,” ulasnya.

Andi turut menanggapi beberapa permasalahan kota. Misalnya parkir liar, kemacetan, dan beberapa titik semrawut. Ia menyebut akan melakukan perubahan secara bertahap. Ia sadar ini tidak akan mulus karena ada kebiasaan yang terjadi bertahun-tahun. Namun ia siap mengambil kebijakan tak populer.       

“Walau membuat kebijakan tak populer, jika tujuannya baik saya yakin pasti didukung masyarakat,” ulasnya.

Wakil Wali Kota Samarinda terpilih Rusmadi menyebut, dirinya bertugas membantu wali kota. Menurutnya masyarakat sudah tak sabar menanti perubahan yang dibawa Andi Harun-Rusmadi. Ia berupaya membuat kota ini menjadi bersih dan tak ada parkir liar. Sehingga menjadi kota yang nyaman untuk bermukim, berbisnis, dan beribadah.

Ia menyebut kegiatan pembangunan Samarinda akan melibatkan masyarakat. Makanya sejak awal ia sowan ke tokoh-tokoh Kaltim untuk meminta restu dan izin untuk membangun Samarinda. “Ini dalam rangka membangun kesadaran bersama menjadi kota yang kita inginkan bersama pula,” ucapnya.

Pembina Forum Kebangsaan Kaltim HM Jos Soetomo mengaku bahagia atas pertemuan ini. Menurutnya, silaturahmi dapat menambah umur dan rejeki. Ia berharap pasangan pimpinan Kota Tepian ini dapat membawa kesejukan bagi semua pihak.

 “Insya Allah beliau berdua ini dimuliakan Tuhan,” ucapnya.

Soetomo juga meyakini berbagai permasalahan di Samarinda, termasuk pandemi, bisa diatasi dengan baik oleh Andi Harun dan Rusmadi. Selain itu, ia berpesan supaya Pemkot Samarinda semakin terbuka terhadap investasi. “Forum Kebangsaan Kaltim akan menjadi pagar bagi beliau berdua,” katanya.

Wartawan    : Agus Andriani

Redaktur      : M Roghib