Ketua MUI Kaltim Ajak Ulama Berperang Melawan Pandemi

Samarinda.www.muikaltim.or.id-Pandemi Covid-19 masih terjadi di Kaltim. Karena itu, sejumlah ulama meminta agar masyarakat bersama-sama ikuti anjuran pemerintah, yaitu  menerapkan protokol kesehatan. 

Ketua MUI Kaltim KH Muhammad Rasyid di Samarinda belum lama ini menjelaskan, wabah ini semakin menjadi-jadi. Wajar, apabila sebagai umat yang beragama patut mengikuti anjuran pemerintah. 

“Karena itu, mari bersama kita cegah penularan yang terjadi saat ini ini adalah wabah karena Covid adalah ancaman bagi jiwa manusia maka dalam kaidah syariah ketika hukum berbenturan dengan masalah keselamatan jiwa maka penyelamatan jiwa itu nomor satu dilaksanakan bahkan penggunaan masker ketika salat menjadi keharusan,” sebut Kyai Muhammad Rasyid  belum lama ini di kantor MUI Kaltim Jalan Harmonika Samarinda. 

“Prinsipnya, jika suatu persoalan berbenturan dengan keselamatan jiwa, maka  harus diprioritaskan adalah jiwa,” tegasnya. 

Ketua Dewan Masjid Indonesia itu mengatakan, ulama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi Covid-19. Sebab banyak berita bohong atau hoaks terkait Covid-19. “Mari kita selamatkan bersama, kita ambil langkah-langkah cepat agar wabah cepat berlalu,”  Katanya.

Bahkan, Ketua MUI baru terpilih belum setahun itu  mengutip pernyataan nabi yang menyebut ketika terjadi suatu wabah, maka mobilitas masyarakat mesti dibatasi. Dia pun meminta masyarakat untuk tetap sehat.  “Kita harus terus berusaha sehat, ikut cara nabi, kalau ada wabah, kata nabi yang dari luar jangan masuk, yang di dalam jangan keluar, agar tidak saling menulari,”  sebutnya. 

M Roghib