Inmemorium KH Abd Syukur Rauf Mantan Ketua MUI Paser

KH Abdul Rauf Syukur

INNALILLAHI wa inna ilaihi rajiun masyarakat paser  tengah berduka karena ulama  yang sangat dihormatinya, yaitu  mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia  MUI   Kabupaten Pasir  Drs KH Abdul ,Syakur Rauf MM  bin Abdul Rauf meninggal dunia pada minggu ,27 Desember 2020, pukul 21.50  Wita. ,

           Alamat duka  jalan Kandila Bahari no 18 RT .007,RW 001 Tanah Grogot belakan café Ramedha /belakang Puskesmas Tanah Grogot.

            Kontan masyarakat berbondong bondong, tidak peduli ada corona yang mengganas yang penting bisa melayat dan mendo,akan  mantan penyuluh agama PNS ini.

Mengingat ketokohanya, pelayat bukan hanya masyarakat biasa tapi ada anggota DPR Kab pasir, bahkan Bupati dan Wakil Bupati pasir dan jajaran Pemkab Kab paser tidak sedikit yang hadir kerumah  sang ahli bahasa  Arab ini.

Ketua  Umum MUI Kaltim KH Hamri Has merasa kehilangan ulama yang karismatik dan rendah hati.

             “ Saya merasa kehilangan atas meninggalnya beliau.  Pak syakur sudah lama sakit, kalau tak salah beliau terkena saraf kejepit saya dan pengurus MUI pernah menjenguk beliau, waktu itu masih bisa komunikasi dengan baik, bahkan bercerita dengan penyakitnya  “, Ujar KH Hamri Has.

Lebih Lanjut mewakili  Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Kalimantan Timur  KH Hamri Has mengucapkan duka cita atau belasungkawa  untuk wafatnya KH Abdul ,Syakur Rauf MM  bin Abdul Rauf.

             “  Kami  atas nama Pimpinan  dan  Pengurus MUI Kaltim  turut  berduka cita atas meninggalnya ulama dari Paser ini semoga semua amalnya diterima  oleh Alloh  dan dosa dosanya diampuni dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran” Kata  KH Hamri Has.

Almarhum ketika Masih Sakit

Bukan hanya Jajaran ulama dan tokoh masyarakat Kaltim, pemerintah dan masyarakat Pasir juga sangat kehilangan  kepergian almarhum.

             “Beliau sosok ulama yang sangat berpengaruh untuk syiar agama dipaser, kami sangat kehilangan atas meninggalnya beliau,” Ujar wakil Bupati Pasir Kaharuddin.

              Kaharuddin mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat pasir sangat kehilangan dan berduka , Dia mengajak untuk mendoakan almarhum  agar seluruh ibadahnya diterima Alloh dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan.

              Putra Almarhum fairuz Bayala mengatakan, sang ayah beberapa hari terakhir kondisinya kritis , setelah menjalani operasi saraf kejepit. Almarhum meninggalkan seorang istri 10 anak dan 7 cucu. Ulama karismatik ini dimakamkan di pemakaman Raja kecamatan paser Balingkong.

               Tokoh Masyarakat Pasir yang ada di Samarinda H Mansyah HB  menceritakan, Abdul Rauf lahir  lahir disebakung kecamatan Long kali  17 juli 1956. Almarhum sosok ulama yang karismatik dan disegani masyarakat pasir. Mengenai pendidikanya Abdul Rauf jebolan pesantren As,Saadah Sengkang Sulawesi.

              “Beliau PNS  di kemenag, jadi anggota MUI Kab Pasir dua periode,  pintar bahasa arab, pinter berdakwah, beliau sangat santun,  oleh karena itu  tidak berlebihan kalau beliau sangat dihormati masyarakat Pasir,”Ujar Sekertaris umum MUIkaltim ini.

Redaktur dan Wartawan: Muh Roghib