Baznas Kaltim Salurkan Bantuan Untuk Warga Miskin

Baznas Kaltim Bantu sepeda Motor

Samarinda. www.muikaltim.orid- Badan Zakat Nasional (Baznas) provinsi Kaltim belum lama ini menyalurkan bantuan kepada para mustahik tepatnya pada hari senin,  13/09/2021 diruang pertemuan/rapat Baznas Kaltim , Jalan Harmonika No 1.a Samarinda.

Hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut ketua Baznas propinsi Kaltim, Ahmad Nabhan didampingi oleh dua orang wakil ketua dan beberapa staf. Juga hadir para mustahik yang berjumlah kurang lebih 40 orang.

Mengutip Info Banua.CO.id,.  Ketua Baznas provinsi Kaltim Muhammad Nafhan  dalam sambutannya mengatakan bahwa keterlambatan bantuan yang diberikan ini bukan karena ada faktor kesengajaan tetapi karena masih adanya berkas pengajuan yang masih kurang lengkap, misalnya untuk surat keterangan tidak mampu dan Kartu Tanda Penduduk.      

“Kalau berkas ini kurang lengkap pada saat ada pemeriksaan dari pusat kami bisa di salahkan,  dianggap ini fiktif dan kami akan dapat saksi.oleh sebab itu permohonan yang kurang lengkap mohon maaf dengan terpaksa kami tolak,” ujarnya.

Baznas Kaltim Bantu Dana Pendidikan untuk mahasiswa tak mampu

Menurut Nafhan , Tidak semua pemohon bisa kami kabulkan , mengingat tahun ini perolehan pendapatan Basnas menurun dratis akibat serangan covid 19  yang memporandakan ekonomi dan ini juga berimbas pada penerimaan zakat, infaq dan sedekah yang diterima Baznas kaltim  .”  bantuan yang diajukan tidak dapat kami penuhi semua, mengingat tahun ini orang berzakat menurun mungkin karena faktor covid ini,” ujar Ketua Baznas kaltim.

 Lanjut Nafhan tahun sebelumnya Basnas Kaltim bisa mengumpulkan Zakat sampai Rp 11 milyar, namun karena serangan dasyat covid, penerimaan tahun 2021 ini  hanya sekitar 4 Milyar, untuk itu kami mohon maaf Baznas kaltim tidak bisa membantu semua pemohon.

Cerita Nafhan, di Kantor Baznas  dalam sehari sekitar 10 orang mengajukan ke Baznas, dengan permohonan bermacam macam, diantaranya,  ada yang untuk bayar rumah sakit, bayar sewa rumah, untuk membayar hutang, untuk membayar tunggakan sekolah dan lainnya.

Tim Baznas Kaltim terjun langsung bantu korban banjir di Samarinda

Ketua Baznas Kaltim yang baru beberapa bulan dilantik ini  mewanti wanti kepada penerima bantuan di Baznas agar mempergunakan dana sesuai dengan permohonanya, jangan digunakan hal hal yang tidak bermanfaat.

 “ Bantuan yang di berikan ini agar bisa diperuntukkan sesuai dengan permohonan awal,misalnya untuk pendidikan.kalau dananya diperuntukkan untuk tunggakan pembayaran SPP dan lainnya harus di bayarkan keSPP dan lainnya.begitu juga dengan permohonan yang lainnya, “ujarnya.

Kali ini Baznas Kaltim dalam menyalurkan bantuan bukan hanya bentuk uang, barang  atau makanan, tetapi juga dalam bentuk kendaraan, yaitu bantuan kendaraan motor  Second.

“Mustahik yang mengalami kesulitan transportasi karena dalam usaha berjualannya mengeluarkan biaya dalam sehari 40 ribu untuk ongkos taksi bolak balik.untuk itu fihak Baznas memberikan bantuan motor, walaupun motor second  agar bisa meringankan bebannya,” cerita Nafhan.

Lanjut Nahan , dirinya merasa bahagia apabila bisa membatu mayarakat, khususnya , masyarakat fakir miskin,  ini sesuai dengan visi misi Baznas untuk ikut menanggulangi kemiskinan di Kaltim.

Wartawan :Roghib)